Kamis, 29 Maret 2012

Tips Pengerjaan Soal pada LJK

 
1. Penggunaan Pensil

Hal ini sudah jelas dan memang ketentuan umum dalam mengerjakan soal LJK. Tapi ingat dalam hal ini gunakan lah pensil 2B yang telah diakui uji lulus scanner.Karena banyak pensil 2B yang kualitasnya tidak sesuai standar.

Dalam penggunaan pensil 2B, usahakan tidak terlalu tajam dan sesuaikan dengan penggaris bantuan.Jika diameter penggaris lebar,maka jangan tajamkan pensil tersebut agar tidak keluar dari jalurnya.

Usahakan jangan gonta - ganti pensil, apalagi jika berbeda merk
. Karena meskipun satu tipe yaitu 2B, terkadang satu pensil dengan pensil lainnya ada perbedaan yang dapat membuat scanner error.


2. Penggunaan Penggaris Ebtanas

Jika agan ingin menggunakan penggaris, maka gunakan lah penggaris dengan banyak varietas diameter lingkaran. Tidak seperti pada gambar yang hanya memilik 2 jenis diameter lingkaran. Hal ini dimaksudkan guna mempermudah menyesuaikan dengan pensil yg sudah mulai menjadi tebal diameternya.

Jangan hanya membawa satu penggaris, namun siapkan beberapa penggaris sebagai backup. Karena penggaris seperti ini bahannya tipis dan mudah berubah bentuk. Sehingga lama kelamaan, maka diameter nya akan berubah dan tentu mempengaruhi hasil lingkaran yang dibuat.

Jika agan memiliki uang lebih, usahakan setiap pelajaran mengganti penggaris dengan yang baru. Sekali lagi agar tidak terjadi bentuk lingkaran yang telah berubah.

3. Papan LJK

Bagi sekolah agan yang belum memiliki meja yang rata ( kebetulan sekolah ane mejanya mulus kaya papan LJK ), maka sebaiknya bahkan harus membawa papan bantuan ini. Hal ini untuk mempermudah dalam melingkari lembar jawaban.

Ada pula alat lain yang dapat menggantikannya dan memiliki fungsi yang lebih baik, yakni kaca dan sebaiknya dengan ketebalan 5mm,d an telah di tumpulkan setiap sudutnya. ( pengalaman UN SMP dan SMA dulu pake kaca )

Periksa papan LJK anda apakah ada lecet yang dalam
. Karena hal itu dapat membuat lembar LJK menjadi sobek jika mengenai bagian yang lecet tersebut.

4. Peraut / Sharperner

Ini adalah tool yang sangat penting, karena memang pensil yang kita gunakan tentunya akan semakin pendek dan tingkat keakuratannya menjadi berkurang dan harus di pertajam lagi.

Gunakan rautan pensil yang tajam dan tidak berkarat. Sebaiknya ketika agan meraut pensil, memutar pensil dengan putaran penuh 360, 720, 1080 derajat dst ( kelipatan lingkaran sempurna ). Mungkin sepele, namun sebenarnya hal ini ada dampak agar sisi - sisi dari pensil sama rata dan diameter pensil tidak berat sebelah.

Jangan hanya meraut satu sisi saja, karena dapat membuat lingkaran tidak sempurna
 ( Jika menggunakan penggaris bantuan, tanpa penggaris tips ini tidak di perlukan )

5. Tissue

Dalam hal ini tisu digunakan untuk membersihkan penggaris, lembar jawaban, dan tangan yang kadang keringat dingin ( nervous gara2 UN ).

6. Kertas Kosong

Mungkin agan-agan bertanya buat apa kertas kosong ini. Namun berdasarkan pengalaman ane,pensil kita akan menjadi miring pada bagian ujungnya. Sehingga ane terkadang menggunakan kertas kosong untuk membuat garis - garis tidak beraturan yang bertujuan membuat rata ujung pensil.

Namun jika tidak di perbolehkan oleh pengawas, maka kita dapat menyoret di kertas soal.

Sumber : www.kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More